Pada artikel kali ini belajar office
akan membahas salah satu perbedaan pada microsoft office Access 2007
dengan 2010. Setelah admin coba pada office Access 2010 memiliki
keunggulan dari seri lama yaitu pada filed name terdapat pilihan data
type calculate sementara untuk versi 2007 tidak ada, dengan data type
calculate kita bisa membuat rumus/fungsi pada tabel untuk perhitungan.
untuk
itu pada artikel ini akan dibahas cara menambahkan rumus perhitungan
matematika pada tabel microsoft office 2010 menggunakan data type
calculated.
| Data Type: Calculated |
Langsung
saja langkah langkahnya yaitu sebagai berikut, sebagai contoh kita akan
membuat entry nilai ujian nasional siswa dimana kita akan membuat rumus
Jumlah nilai dan nilai rata-ratanya :
Pertama buatlah tabel dengan filed name dan data type seperti contoh gambar dibawah diatas :
Pada field name : Jumlah Nilai pilih data typenya >> Calculated, kemudian akan mencul tampilan Expresion bulider >> kemudian ketikan rumus sebagai berikut : [IPA]+[IPS]+[Matematika]+[Bahasa Indonesia] >>> klik OK
| Expresion Bulider |
Kemudaian Ppada field name : Rata-Rata pilih data typenya calculated, kemudian akan mencul Expresion bulider >> kemudian ketikan rumus sebagai berikut : ([IPA]+[IPS]+[Matematika]+[Bahasa Indonesia])/4 >>> klik OK
Selanjutnya buat form seperti gambar dibawah ini.
| Form |
Terimakasih, Selamat mencoba semoga bermanfaat.
Materi Selanjutnya...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar